Kampungku Kotaku BATAM :D

Sejarah Kota Batam:

Pulau Batam dihuni pertama kali oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini digunakan oleh pemerintah pada dekade 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu. Pada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam. Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, wilayah kecamatan Batam yang merupakan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam. Di era reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam.(sumber : wikipedia)

Itu tadi adalah sejarahya, nah sekarang saya akan menceritakan kota kelahiran saya ini dengan segala macam isinya. Kota ini tidaklah besar, karena kota ini adalah pulau. Saya sendiri juga bingung mau mengatakan apa? Dibilang pulau tapi isinya sudah perkotaan. Dibilang kota tapi daratannya tidak terlalu luas. Daripada bingung mending saya katakan saja BATAM, lebih mudah hehehe. Luas Batam adalah 2.950 km². Berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia untuk bagian utaranya.

Batam terkenal dengan Jembatan BARELANG, singkatan dari BATAM REMPANG GALANG. Jadi Batam ini ada 3 pulau yang di satukan, yaitu pulau Batam, Rempang dan Galang. Penduduknya lebih kurang sebanyak 6000 orang. Jembatan BARELANG

 

 

 

 

 

Batam juga terkenal karena pantai – pantainya yang indah, antara lain : Pantai Nongsa dan Pantai Melur

Pantai Nongsa

 

 

 

Pantai Melur

 

 

 

Batam juga mempunyai shopping centre, karena kota ini kecil tempatnya bisa kita hitung dengan jari. Seperti : Nagoya Hill Mall, MegaMall Batam Centre, dan Batam City Square.

 

 

 

 

Dan untuk penginapan, Batam tak kalah dengan kota – kota besar. Karena Batam juga mempunyai hotel berbintang. Diantaranya : Nongsa Point, Batam View Hotel, Holiday Inn, Harris Hotel, Novotel, Mercure, Swiss Belhotel.

 

 

 

 

Untuk makanan khas, saya yang notabene asli orang batam juga tidak tahu :P. Tapi dari iklan di chanel lokal di kota saya, makanan khas batam adalah kek pisang.

 

One response to this post.

  1. mantap gan thanks

    Reply

Leave a comment