Tips Makan Makanan Pedas agar Tidak Kepedesan

Siapa sih yang tidak suka makan-makanan pedas? Kalaupun tidak suka pasti hanya karena tidak tahan dengan rasanya yang membakar lidah, membuat kita keringatan, dan muka kita merah. Benar bukan? Atau biasanya karena teman – teman takut mengalami diare sesudahya. Itu semua reaksi yang terjadi apabila kita mengonsumsi makanan yang pedas.

Hal tersebut disebabkan oleh zat di dalam cabai yang disebut capsaicin.

Tapi, tidak jarang kita merasa ingin mencoba rasa pedas yang memang memberikan sensasi dan kenikmatan sendiri ketika kita makan. Jadi bagaimana dong supaya bisa menikmati makanan pedas tapi tidak kepedasan?

Sebelum makan teman – teman perlu minum susu

Susu dapat mencegah diare yang biasanya terjadi sesudah selesai mengkonsumsi makanan pedas. Susu menetralkan alarm pedas yang dikirimkan oleh capsaicin ke dalam tubuh kita lewat darah.

Ketika makan, makanlah secara perlahan. Kalau teman – teman makan tidak perlahan makanan pedas yang mengandung capsaicin, efek capsaicin akan tinggal lebih lama dan terasa lebih pedas.

Setelah makan, makanlah sepotong balok kecil dark chocolate atau milk chocolate tapi dark chocolate lebih ampuh. Bisa juga dengan menggunakan kain bersih yang kecil lalu dicelupkan ke air hangat, kemudian menepuk-nepukkannya di lidah yang kepedasan. Jalan terakhir dapat menggunakan permen karet setelah makan – makanan pedas.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/538830036c07e78a198b4767/?ref=homelanding&med=hot_thread

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: