Roti Jala, Makanan khas melayu

Roti Jala, Makanan khas melayu

 

Roti jala atau roti kirai adalah salah satu kuliner khas melayu yang banyak dijual saat Ramadan. Makanan tersebut merupakan kuliner khas Tanjungpinang kepulauan riau. Selain rasanya yang khas, harga satu porsi kuliner ini pun relatif murah. Pada saat bulan ramadan seerti sekarang ini kita akan dengan mudah menemukan pedagang yang menjual makanan ini dan biasanya harga yang di tawarkan untuk satu porsi roti kirai dalah Rp5000 dan pada hari pertama dan kedua Ramadan ini bisa laku banyak.


Kuliner ini sebenarnya adalah jenis kuliner yang berasal dari india atau timur tengah yag di adopsi oleh indonesia dan menjadi roti jala. Selain di tanjung pinang, roti jala juga di kenal oleh warga aceh dan biasanya warga aceh menggunakan kari kambimg dan buah nanas sebagai teman makan roti ini.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat makanan khas tersebut adalah campuran tepung terigu dan telur yang dimasak tipis dan dikirai menjadi seperti jala serta diacak-acak. Kemudian roti jala atau roti karai di tambahkan kuah kari (kambing atau ayam)atau kuah gulai khas Melayu, Tetapi tidak terlalu kental.

Bagi kita yang baru mengerti kuliner ini, maka akan mengira bahwa roti jala ini adalah dadar telur. Ini disbabkan karena memang sekilas bentuk roti jala seperti telur dadar dan memang bahan yang di gunakan adalah telur. 

Karena makanan ini sangat jarang dan susah kita temukan di hari-hari biasa maka saat ramadan seperti sekarang ini tidak boleh kita lewatkan. Selain lezat, roti jala juga cukup mengenyangkan. jadi pas dan cocok untuk menu berbuka puasa kita bersama orang terkasih kita.

sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/534e0f40bdcb17da588b47f4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: