Tugas Etika & Profesionalisme TSI ( Cybercrime )

Pembobolan 112 Rekening BCA Oleh warga asing

contoh atm

   JAKARTA — Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri bersama Direktorat Jenderal Direktorat Penyidikan Penindakan Keimigrasian masih melakukan pengejaran terhadap 15 warna negara Malaysia yang melakukan pembobolan sejumlah mesin ATM BCA.

 Dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/3), Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan jumlah keseluruhan pelaku, yakni 21 orang dan enam telah diamankan. “Awalnya, 17 nama sudah diserahkan, lima masih di Indonesia, sisanya sudah keluar dari Indonesia dan kemudian ditemukan menjadi 21 pelaku, empat orang masih belum diketahu datanya,” katanya. Arief juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Polis Diraja Malaysia (PDRM) terkait kasus tersebut.

 “PDRM akan berkoordinasi tindak pidana ini. Kami juga berkirim surat terkait data pelaku yang belum ditangkap ke direktorat imigrasi,” katanya. Dalam kesempatan sama, Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian (Dirdikdakim) Mirza Iskandar akan mencegah para pelaku untuk ke luar negeri. “Segera menyampaikan imigrasi untuk mencegah mereka keluar untuk ditangkap dan menyerahkan ke kepolisian,” katanya.

 Menurut Mirza, para pelaku sudah mengetahui tindakan mereka sudah terdeteksi oleh petugas. Bareskrim telah menangkap enam pelaku warga negara Malaysia yang membobol atm BCA di sejumlah rumah sakit di Indonesia. Enam orang itu, di antaranya Khor Chee Sean (26), Saw Hing Woo (27), Teh Chen Peng (24), Lee Chee Kheng (31), Ong Lung Win (24) dan Ooi Choo Aun (42). Pelaku ditangkap oleh tim Bareskrim Polri dan Dirjen Imigrasi di Pelabuhan Batam ketika akan melintas ke Singapura dan Johor Baru, Malaysia.

 Pelaku tersebut beraksi di empat rumah sakit, yakni Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk (8/2), Rumah Sakit Pondok Indah (13/2), Rumah Sakit Husada (14/2) dan Rumah Sakit Borromeus, Bandung (15/2). Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Pol. Arief Sulistyanto mengatakan keenam warga Malaysia pelaku pembobolan 112 rekening BCA melalui ATM akan dikenai pasal mengenai tindak pidana pencucian uang. Menurut Arief, setelah berhasil menarik tunai secara ilegal di ATM, para pelaku menukar uang dengan mata uang asing.

 Tindakan penukaran hasil pencurian dengan mata uang asing inilah yang dinilai sebagai tindak pidana pencucian uang. “Uang rupiahnya ditukar dengan dolar Singapura , dolar Amerika, dan bath Thailand. Di sinilah letak pencucian uangnya,” jelas Ariedf saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (3/3/2014) Keenam warga Malaysia ini akan dikenai pasal 48 ayat juncto pasal 32 UU no. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta pasal 3, 4, 5 UU no. 8/2010 tentang tindak pidana pencucian uang.

 Sindikat yang berhasil membobol rekening dan merugikan BCA senilai Rp1,2 miliar ini ditangkap oleh tim Bareskrim dengan bantuan Ditjen Imigrasi pada Sabtu (29/02/2014) di Pelabuhan Batam saat hendak melintas menuju Johor Baru. Sebelumnya, mereka terdeteksi berada di Medan. Pembobolan ini menggunakan modus pemasangan alat skimmer di mesin ATM untuk merekam data nasabah yang terdapat di magnetic stripe pada kartu ATM. Seusai mendapat data nasabah, pelaku menggandakan kartu ATM untuk menarik tunai. Sementara itu, nomor pin rekening para nasabah diketahui melalui rekaman cctv yang sebelumnya telah dipasang oleh pelaku di bilik ATM. Dalam kasus ini polisi menyita uang tunai Rp26 juta, US$6.000, SGD63.000, 600 bath dengan nilai total Rp726 juta. Selain itu, polisi juga menyita 11 handphone, 14 sim card, 1 ipad, 1 laptop, 24 kartu ATM, 6 passpor, dan 6 tanda pengenal pelaku.

sumber :

http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/14/03/03/n1uz8r-polri-buru-15-warga-malaysia-bobol-atm

http://m.bisnis.com/quick-news/read/20140303/16/207456/begini-kronologi-pembobolan-112-rekening-bca-oleh-6-warga-malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: