Keajaiban Air Wudhu

Kebersihan itu sebagian dari iman, mungkin kata-kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Membersihkan diri dari kotoran yang menempel di tubuh. Terkadang hal yang dianggap sepele justru menyimpan sebuah manfaat yang besar. Begitu pula dengan berwudhu, banyak orang menganggap wudhu itu hal yang biasa saja. Namun perlu diketahui jika setetes air wudhu memiliki sejuta manfaat bagi tubuh kita.

“Hai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak mengerjakan shalat maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku. Sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai ke dua mata kaki“, (QS. Al Maidah: 6).

Allah menyuruh manusia untuk menjalankan kebersihan, bahkan memerintahkan umat muslim untuk berwudhu atau membersihkan diri dari segala kotoran serta najis. Hal yang sering dilakukan setiap hari dalam memulai segala aktivitas dalam hidup, ataupun melakukan wudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat lima waktu. Karena, tidak sah shalat seseorang sebelum ia berwudhu, sesuai dengan hadits berikut:

“Allah tidak akan menerima shalat seseorang di antara kamu, hingga dia berwudhu .” (HR. Bukhari Muslim).

Salah satu ibadah yang terlihat sederhana dan mudah dilakukan. Wudhu ternyata mempunyai manfaatnya sangat besar. Itulah yang dibuktikan oleh para ahli kesehatan dunia. Salah satunya adalah Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurolog berkebangsaan Austria. Ia menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudhu karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. Karena keselarasan air dengan wudhu dan titik-titik syaraf, kondisi tubuh senantiasa akan sehat. Dari sinilah ia akhirnya memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Baron Omar Rolf Ehrenfels.

Ternyata wudhu juga bisa memberikan hidayah kepada seseorang untuk memeluk Islam. Selain itu, wudhu juga bisa meredamkan marah yang berpijar dalam dada. Air yang mengalir di tiap butiran air wudhu, insya allah akan menyejukkan hati dan menghilangkan amarah.

Menurut sejumlah penelitian, berwudhu dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, misalnya flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi, dan sebagainya. Dengan berwudhu juga bisa mencegah kanker kulit, karena air mengalir yang membasahi kulit bisa membersihkan kulit dari bahan-bahan kimia yang menempel dan terserap oleh kulit. Satu lagi manfaatnya, jika sering membasuhkan air ke wajah, bisa menyebabkan seseorang terlihat awet muda dan tidak kusam.

Rasul SAW menyatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan senantiasa bercahaya. Rasulullah akan mengenalinya nanti pada hari kiamat karena bekas wudhu, “Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu.”

Betapa besar manfaat dari wudhu yang sering dianggap hanya ‘sepele’ justru menyimpan manfaat yang begitu besar, tak hanya bercahaya di dunia, wajah orang yang sering dibasuh dengan air wudhu kelak diakherat akan bercahaya.

Perintah berwudhu dapat dirasionalkan dalam pemikiran. Setelah diamati ternyata bagian-bagian dari tubuh yang dibasuh dengan air wudhu merupakan bagian dari tubuh yang sering digunakan, entah digunakan untuk berbuat kebaikan ataupun sebaliknya, mungkin juga untuk berbuat dosa.

Tangan:

Banyak yang bisa dilakukan oleh tangan, apa yang pernah disentuh, diraba, atau dilakukan oleh tangan. Dengan mencuci tangan bisa membersihkan kotoran dari debu-debu atupun partikel lain yang menempel di tangan. Mungkin juga tangan sengaja atau tidak sengaja melakukan dosa, oleh sebab itu berwudhu merupakan metode menyucikan kembali tangan yang sudah ‘kotor’.

Kumur-kumur:

Dalam wudhu kumur-kumur bisa berarti membersihkan rongga mulut, membersihkan dari sisa-sisa makanan yang menempel di mulut. Namun, kumur-kumur bisa juga sebagai pembersihan mulut dari kata-kata yang kita ucapkan, entah kata-kata yang kasar, bergunjing, berbohong, ataupun ucapan yang menyinggung perasaan orang lain.

Hidung:

Membersihkan hidung, tujuannya untuk membersihkan lubang hidung dari kotoran yang menempel saat kita menghirup udara. Ini juga bisa diartikan sebagai perenungan, betapa sesungguhnya Allah telah memberikan nafas kehidupan bagi kita agar selalu bersyukur dengan nikmat sehat dalam tiap hembusan nafas yang telah diberi-Nya.

Muka:

Membasuh muka, tujuannya sama saja yaitu untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel, sekaligus membersihkan wajah, terutama membersihkan mata dari dosa, dari segala yang telah dilihat.

Tangan sampai Siku:

Selanjutnya membasuh tangan sampai siku, dimaksudkan agar semua anggota tangan sampai siku dapat terkena gemercik air wudhu untuk membersihkan kotoran yang melekat di kulit.

Kepala:

Membasuh kepala dengan air wudhu bisa menenangkan dan menyegarkan fikiran dari aktivitas yang dilakukan.

Telinga:

Membersihkan telinga dari air wudhu juga dimaksudkan untuk membersihkan diri dari kotoran yang ada, dan dari pendengaran yang tidak seharusnya.

Kaki:

Mencuci Kaki, dimaksudkan untuk membersihkan kaki dari kotoran juga untuk mensucikan kaki dari dosa. Mungkin dalam melakukan langkah atau bepergian.

Bersuci Lahir dan Batin:

Allah menyuruh manusia untuk bersuci, tujuannya adalah supaya manusia jangan membersihkan lahirnya saja, sementara batinnya masih tetap kotor. Melakukan wudhu sehari lima kali sama saja dengan membersihkan tindakan serta sifat yang menimbulkan dosa. Dan Allah menyuruh umat muslim untuk berwudhu sebagai media pembersihan jiwa serta pikiran. Subhanallah, di balik setetes air wudhu ternyata menyimpan banyak manfaat untuk semua umat.

sumber:http://www.kaskus.co.id/thread/51c553f2621243cd74000007/keajaiban-air-wudhu-semuanyaaaa-masuuppppppp/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: