Festival Cinco de Mayo (meksiko)

Sejarah

Peristiwa mengarah ke Cinco de Mayo

Cinco de Mayo telah berakar pada pendudukan Perancis di Meksiko . Pendudukan Perancis berlangsung di pasca -Amerika Perang Meksiko 1846-1848 , Meksiko Perang Sipil 1858, dan 1860 Reformasi Wars . Perang ini meninggalkan Treasury Meksiko dalam merusak dan hampir bangkrut. Pada tanggal 17 Juli 1861, Meksiko Presiden Benito Juárez mengeluarkan moratorium di mana semua pembayaran utang luar negeri yang akan ditunda selama dua tahun, dengan janji bahwa setelah periode ini, pembayaran akan kembali. [11] [12] Sebagai tanggapan, Perancis , Inggris , dan Spanyol mengirim pasukan angkatan laut untuk Veracruz untuk menuntut penggantian. Inggris dan Spanyol dinegosiasikan dengan Meksiko dan menarik, tapi Prancis, pada saat yang diperintah oleh Napoleon III , memutuskan untuk menggunakan kesempatan untuk mendirikan kerajaan Latin di Meksiko yang akan mendukung kepentingan Perancis, Kekaisaran Meksiko Kedua .

Invasi Perancis

Akhir tahun 1861, seorang bersenjata Perancis menyerbu armada-baik Veracruz, mendarat kekuatan Perancis besar dan mengemudi Presiden Juárez dan pemerintahannya menjadi mundur.Beranjak dari Veracruz menuju Mexico City , tentara Prancis mengalami hambatan berat dari orang-orang Meksiko di dekat Puebla , di benteng Meksiko Loreto dan Guadalupe. Yang kuat Perancis tentara-8.000 menyerang tentara Meksiko miskin dilengkapi banyak 4.000. Namun orang-orang Meksiko berhasil meyakinkan menghancurkan tentara Perancis, tentara terbaik pada saat itu, dan satu yang belum dikalahkan selama hampir 50 tahun.

Kemenangan Meksiko

Kemenangan tersebut merupakan dorongan moral yang signifikan kepada tentara Meksiko dan orang-orang Meksiko pada umumnya. The History Channel menempatkan seperti ini:

“Meskipun bukan kemenangan strategis utama dalam perang secara keseluruhan melawan Prancis, sukses Zaragoza di Puebla mewakili kemenangan moral yang besar bagi pemerintah Meksiko.

Dan TIME menempatkan seperti ini:

“Kemenangan Puebla datang untuk melambangkan persatuan dan kebanggaan bagi apa yang tampak seperti Daud mengalahkan Goliat Meksiko Prancis.”

“Ini adalah saat yang mulia bagi Meksiko.”Ini membantu membangun dibutuhkan banyak rasa persatuan nasional dan patriotisme.

Peristiwa setelah Pertempuran

Kemenangan Meksiko, bagaimanapun, berumur pendek. Tiga puluh ribu pasukan dan satu tahun penuh kemudian, Prancis mampu menggulingkan tentara Meksiko, menangkap Mexico City, dan menetapkan Kaisar Maximilian I sebagai penguasa Meksiko.Namun, kemenangan Perancis juga singkat, yaitu hanya 3 tahun, dari 1864 ke 1867. Dengan Perang Saudara AS atas tahun 1865, AS mampu memberikan bantuan lebih ke Meksiko untuk mengusir Perancis, setelah Maximilian saya dieksekusi oleh Meksiko, bersama dengan jenderal Meksiko Nya Miramón dan Mejia, di Cerro de las Campanas, Queretaro .

Dalam festival ini dapat dinikmati beragam budaya Meksiko, mulai dari tarian hingga makanan.

Tarian Folkorico dan Mariachi adalah yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung. Selain irama musiknya bisa mengajak pengunjung ikut berdansa juga karena gemulainya para penari balet khas Meksiko. Tidak hanya musik dan tari, pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner khas Meksiko yang tentunya bisa memuaskan mereka yang suka masakan dengan rasa rempah-rempah tinggi.

Festival ini selalu mendapat sambutan baik dari masyarakat, terbukti dari banyaknya pengunjung yang memadati arena. Menurut warga keturunan Hispanik, acara ini adalah kesempatan emas untuk memperlihatkan dan berbagi kebudayaan Meksiko kepada warga Amerika lainnya.

Festival Cinco de Mayo digelar tiap tahun untuk memperingati kemenangan militer Meksiko yang dipimpin Jendral Ignacio Zaragosa atas pasukan Prancis dalam pertempuran di Puebla tahun 1862.(ADO)

dikutip dari :http://en.wikipedia.org/wiki/Cinco_de_Mayo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: